Kenapa Sih Harus BPA Free?

Kenapa Sih Harus BPA Free? />

27/04/2017

bpa, bpa free

Hallo mommy semua, hari ini saya ingin berbagi mengenai BPA-Free. Para mommy pasti sudah gak asing kan dengan tulisan BPA-Free? Jika mommy pernah membeli botol susu atau perlengkapan makan si kecil pasti ada beberapa produk yang memiliki stiker bertuliskan BPA-Free. Apakah para mommy sudah tau apa maksud tulisan tersebut? Jika belum yuk kita belajar bersama.

BPA merupakan singkatan dari salah satu zat kimia yang terdapat pada produk plastik, yakni Bisphenol A. Zat kimia ini sudah digunakan sebagai bahan baku pembuatan plastik dan resin sejak 1960. BPA ditemukan pada wadah plastik berbahan Polikarbonat.

Lalu, kenapa sih harus BPA-Free??
Beberapa studi menunjukkan bahwa adanya kandungan BPA pada wadah makanan dapat mengkontaminasi makanan yang tersimpan di dalamnya. Kontaminasi tersebut dapat memberikan efek samping yang buruk bagi perkembangan otak dan kesehatan lainnya pada janin, bayi serta anak-anak.  Kontaminasi BPA dapat terjadi akibat suhu yang tinggi sepeti makanan atau minuman panas, bisa juga akibat suhu ruang yang panas (seperti di dalam mobil atau tas). Oleh karena itu sekarang ini para produsen plastik (khususnya wadah makanan) diharuskan menggunakan bahan baku yang bebas BPA untuk melindungi konsumen seperti bahan Polypropylene atau bahan plastik no 5.  

Jadi , sekarang mommy sudah tau kan arti stiker BPA-Free pada wadah makanan si kecil. Alangkah baiknya kita mulai menggunakan barang yang sudah teruji bebas BPA untuk kesehatan keluarga kita.